PKBM Nusa Darma

Dengan menggunakan blog pembelajaran ini peserta didik bisa belajar secara mandiri dimana saja kapan saja sesuai dengan kondisi peserta didik

Cara penggunaan


CARA PENGGUNAAN BLOG


      Secara umum, petunjuk penggunaan blog pembelajaran untuk belajar secara mandiri dilakukan beberapa langkah yaitu model pelaksanaan pembelajaran tatap muka, model belajar mandiri dan model tutorial. Penjelasan setiap model adalah sebagai berikut:

1. Model pelaksanaan tatap muka


   Pembelajaran tatap muka merupakan seperangkat tindakan yang dirancang untuk mendukung proses belajar peserta didik secara tatap muka, sedangkan kegiatan tatap muka adalah kegiatan pembelajaran yang di dalamnya terjadi proses interaksi antara peserta didik dan pendidik/ tutor. Kegiatan tatap muka dilakukan untuk menjelaskan materi secara umum dan menjelaskan penggunaan blog untuk belajar secara mandiri. Metode yang sering digunakan dalam kegiatan pembelajaran seperti metode ceramah, diskusi, tanya jawab dan lainnya.

2. Kegiatan Pembelajaran Tutorial


    Pembelajaran turorial yang dimaksud dalam kegiatan ini adalah dimana pembelajaran dilakukan secara mandiri untuk materi-materi yang dapat dengan mudah dipahami oleh peserta didik, sedangkan materi-materi yang dianggap sulit untuk dipahami atau dipelajari maka dilakukan dengan tatap muka. Dalam pembelajaran metode tutorial ini diberikan dengan bantuan tutor. Ada perbedaan model tutorial dengan tatap muka yaitu model tutorial membahas materi yang dianggap sulit oleh peserta didik serta diberi bantuan oleh tutor dalam memahami materi tersebut. Waktu pertemuan tutorial bisa ditentukan dengan kesepakatan peserta didik dan tutor. 


3. Kegiatan Pembelajaran Mandiri

    Kegiatan pembelajaran mandiri merupakan kegiatan pembelajaran yang didorong agar peserta didik mampu menguasai suatu kompetensi guna menyelesaikan suatu permasalahan. Pada kegiatan pembelajarn mandiri peserta didik diberikan kajian materi yang ada dalam blog pembelajaran untuk dipelajari dan diarahkan untuk memegang kendali dalam menemukan pemahaman materi dan meng organisir pembelajaran sesuai dengan kondisi peserta didik tersebut.
     
      Blog pembelajaran yang akan digunakan merupakan blog yang akan mencakup empat pertemuan pembeajaran. Pertemuan pertama dilakukan model tatap muka, pada pertemuan ini dijelaskan materi pelajaran secara umum dan dijelaskan cara penggunaan, jika peserta didik tidak bisa hadir karena kesibukan diluar kegiatan belajar maka bisa memahami cara penggunaan blog pembelajaran ini di menu cara penggunaan. Pertemuan pembelajaran kedua dan ketiga peserta didik melakukan belajar mandiri untuk memahami materi yang telah disediiakan di blog pembelajaran. Pertemuan pembelajran ke empat merupakan pelaksanaan model tutorial, peserta didik yang mengalami kesulitan dalam belajar mandiri akan diberi bantuan oleh tutor pada model tutorial. Sedangkan untuk penilaian pembelajaran dilakukan secara online dengan mengakses menu uji kompetensi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blog Pembelajaran

Blog pembelajaran merupakan web blog yang menyajikan materi pelajran dan hal-hal yang diperlukan peserta didik agar mampu belajar secara mandiri.

Tujuan Blog Pembelajaran

Tujuan umum dari pengembangan blog pembelajaran yaitu untuk memfasilitasi peserta didik agar mampu belajar secara mandiri.

Tujuan Pembelajaran

Setelah pembelajaran yang dilakukan menggunakan blog pembelajaran diharapkan peserta didik mampu menjelaskan dan menentukan penyelesaian masalah kontekstual yang berkaitan dengan fungsi eksponensial dan fungsi logaritma dengan benar.